SILA CARI DI SINI!

Google

Friday, November 30, 2007

BUKU UNIK: PENGAJARAN SALAT

PENGAJARAN SALAT (1929) & KITAB PERSALATAN (1934)

Koleksi unik yang sempat diendus oleh “UC” terkait dengan buku-buku tentang salat, dapat anda lihat dalam visual berikut. Koleksi yang dianggap unik ini diterbitkan jauh sebelum kemerdekaan Negara Republik Indonesia 1945.
Koleksi pertama adalah sebuah buku yang diterbitkan pada Tahun 1929 dengan title “Pengajaran Salat’ [tulisan asli dibawahnya masih memakai ejaaan lama “Setjara jang dikerjaan oleh Nabi. s a w”] Pengarang buku ini adalah A. Hassan Goeroe “Persatoean Islam” Bandoenng. Sedangkan penerbitnya adalah : Persatoean Islam Bandoeng . Tahun Penerbitan Djoemadal-Oela 1348, October 1929. Merupakan Bagian pertama cetakan kedua. Buku ini diperoleh dari kios buku bekas di kota Malang. Kulit depan tertulis nama pemiliknya “Musejan” beralamat Kasin kidul gang 8/1675 Malang. Buku ini memiliki jumlah halaman 111. Dalam buku ini tulisan Bab, ditulis dengan istilah ketika itu yakni “fasal”, terdiridari 30 fasal. Yang sangat unik buku ini memuat himbauan penerbitnya seperti berikut:


Yang Kedua adalah buku dengan judul Kitab Persalatan [tulisan asli: Pelajaran Sembahjang menoeroet Agama] tahun penerbitan tertera pada sampul depan, yakni wawoe 1865 atau tahun 1934. Penerbitnya adalah Tan Khoen Swie Kediri. Jumlah halaman buku ini 20 halaman. Dalam buku ini dijumpai stempel toko buku yang menjualnya yakni . M.N. HADIATMODJO, Toko Obat & Boekoe Patjarkembang No. 141 Soerabaia. Buku ini menerangkan cara-cara orang melakukan sholat dan doa-doa, disertai 12 [dua belas] visual gerakan sholat. Merupakan cetakan pertama dan telah memiliki hak cipta/hak pengarang, dalam buku ini hak ditulis sebagai berikut: “hak pengarang diperlindoengi Stb.No.600 fatsal 11”





CATATAN: Info yang diperoleh dari Komputer telusur buku Toko Buku TOGAMAS DTC Wonokromo Surabaya Tanggal 29 Nopember 2007 Pukul 10.12, untuk Judul Buku yang terkait dengan petunjuk shalat telah mencapai 203 Judul.



3 comments:

Authors said...

bagus mas,saya juga suka membaca buku.terutama tentang sejarah dan kejayaan tentang buku buku massa lalu,yang sekarang sudah amat jarang di temukan.

Authors said...

bagus mas,saya juga suka baca baca buku terutama tentang sejarah massa lalu,yang kini sudah jarang di temikan.

Masyonow.net said...

Info yang belum pernah saya baca saya temukan disini. Ibarat Sejarah yang hilang tlah ditemukan.