SILA CARI DI SINI!

Google

Friday, October 10, 2008

KISAH HAJI MERAH—H.H.MISBACH [1876-1924]

Barangkali masyarakat umum tidak banyak mengenal seorang-orang yang ditokohkan oleh buku ini. Dia adalah Haji M. Misbach. Seorang haji revolusioner yang banyak menulis tentang Islam-Komunis di suratkabar yang dipimpinnya, Medan Muslimin.
Haji Misbach terlibat dalam gerakan anti pemerintahan colonial secara radikal dalam Sarekat Rakyat dan kemudian PKI. Menurutnya, “Orang yang mengaku dirinya Islam, tetapi tidak setuju adanya komunisme, saya berani mengatakan ia bukan Islam yang sejati.” Sumbangan penting Haji Misbach adalah sebuah revolusi dalam hal teologi. Haji Misbach merupakan salah seorang pelopor dari apa yang sekarang dikenal dengan teologi pembebasan. Ia berhasil membuktikan bahwa ajaran-ajaran agama tidaklah tercerabut dari akar sosialnya bila ajaran agama itu sendiri dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan nyata yang sedang dihadapi oleh masyarakat.
Setelah pemberontakan PKI 1926/1927 dan pembungan Haji Misbach ke Manokwari, Papua, upaya untuk tetap mempertahankan wacana dan menyatukan konsepsi gerakan Islam dengan komunisme tidaklah padam.
….Buku ini adalah sebuah karya akademik sdr Nor Hiqmah, yakni sebuah skripsi sarjana di Fakultas Filsafat Universitas Gajah Mada [UGM], dan dipresentasikan pada tahun 1999. Diterbitkan sebagai buku pada tahun 200 oleh Lentera Yogyakarta.
Data Buku
JUDUL:HM MISBACH—Kisaha Haji Merah
PENULIS: Nor Hiqmah

PENERBIT: Monunitas Bambu. Jl. Pala No.4 B, Beji Timur Depok. Telp: 021-77206987. E-mail: komunitasbambu@yahoo.com
ISBN: 979-3731-36-2
CETAKAN: September 2008
TEBAL: xxxviii+ 122 hlm, 13 x 19 cm

1 comment:

Anonymous said...

kalau mau pesan gimana caranya?