SILA CARI DI SINI!

Google

Friday, January 4, 2008

HOMESCHOLLING, LEGAL DAN TIDAK NAKAL

Orang pasti menyangka, bahwa sekolah itu harus di kelas dan ruangan tertentu, berseragam dan dijadwal secara ketat. Ternyata tidak harus demikian. Hal tersebut akan di urai lebih lanjut oleh beberapa pemerhati pendidikan.
Kemarin warung kami di undang oleh kawan karib, Dr. Ir.Daniel M. Rosyid, Dewan Pendidikan Propinsi Jawa Timur, untuk ikut serta seminar “Homeschooling, pendidikan formal dan pendidikan Alternatif, prospek dan tantangannya". Rencana pelaksanaan menurut SMSnya tanggal 5 Januari di Auditorium Indosat Jalan Kayun Surabaya. Pembicaranya adalah :
1. Dr. Ir. Daniel M. Rosyid Ketua Dewan Pendidikan Prop. Jatim
2.Izza M. Ahzin, Pengarang Buku “Dunia tanpa sekolah”, masih "imut", ketika menulis buku tersebut masih berusia belasan tahun.
3.Sulistyanto Soejoso, Penasehat ASAH-PENA [Asosisasi Sekolah rumah dan Pendidikan Alternatif) Jatim
Warung kami merasa berkepentingan, karena warung kami lahir untuk kepentingan membangun minat baca termasuk menumbuh kembangkan pendidikan alternative lewat blogger. Setelah kami aduk-aduk tumpukan buku yang ada di Warung kami ternyata, terdapat beberapa buku yang seirama dengan seminar Bung Daniel M. Rosyid. Sebutsaja buku-buku yang terkait dengan pendidikan alternative serta buku-buku yang bernada sinis terhadap pendidikan formal.
Mudah-mudahan seminar ini bukan mempertentangkannya, namun lebih membuat sesuatu semakin cerdas.
JUDUL : Dunia Tanpa Batas
PENGARANG : M.Izza Ahsin
PENERBIT :Read! Publishing House Kelompok Mizan. Jl. Cinambo No. 135. Cisaranten Wetan, Bandung 40294 Telp. [022] 7834310. E-mail: readpublishinghouse@yahoo.com.
CETAKAN : I April 2007
ISBN : 979-3828-41-2
JUMLAH HALAMAN:247
[Buku ini mengendus kisah nyata seorang anak usia 15 tahun yang terpenjara oleh sekolah formal. Maaf warung kami akan membahas lebih lanjut setelah tanggal 7 Januari 2008, untuk menghargai dan tidak menggurui seminar yang akan dilaksanakan tanggal 6 Janurai 2008 ].

JUDUL : Homeschooling Panduan
PENGARANG : Maulia D. Kembara. MPd
PENERBIT : Progressio Yogyakarta Jl. Babakan Sari I No. 71 Kiara Condong, Bandung 40283 Telp. [022] 7208298.
CETAKAN : Agustus 2007
ISBN : 978-979-793-289-3
JUMLAH HALAMAN: 306
[Buku ini ternyata juga merujuk bukunya Everet Reimer seorang pakar pendidikan yang reformis, menyatakan bahwa sistem sekolah formal yang kaku dan saat telah almarhum, atau mati . Karya Reimer ”School is dead” telah di alih bahasakan oleh Prof. Dr. Sudomo. Disamping mengurai terminologi homescooling, serta beberapa manfaatnya buku ini juga menyajikan mitos kekawatiran orang terhadap homeschooling, tentunya disertakan pula solusinya. Panduan yang memuat kurikulum untuk anak ausia 6-12 tahun dipaparkan secara rinci. Untuk memberikan penguaan terhadap homeschooling, buku ini memasang deretan nama tokoh dunia atau nusantara yang sevisi dengan homeschooling. Mulai dari Abrhaman Lincolin sampai dengan Buya Hamka]

JUDUL : Home schooling A Leap for better learning [Lompatan Cara Berlajar]
PENGARANG : Sumardiono
PENERBIT : PT Elex Media Kumpotindo
CETAKAN : II September 2007
ISBN : 978-979-27-0886-8
JUMLAH HALAMAN: 190
[Penulis buku ini adalah pendekar Homeschooling, Ia adalah seorang Insinyur lulusan ITB, Sumardiono, bersama istrinya Ibu Lala sangat aktif dalam aktivitas yang satu ini. Bahkan membangun situs keluarga di dunia maya, dengan alamat http://www.sumardiono.com/. Barangkali tekadnya yang kuat dapat dilihat dari pengembangan jaringan yang di bangun melalui http://www.sekolahrumah.com/
Memposisikan bukunya sebagai lompatan cara belajar [A leap for better learning], kalayak pembaca yang dibidik adalah pecinta anak dan pendidikan. Legalitas komeschooling juga diungkap diantaranya adalah amanat UUD 1945 pasal 31, kemudian adalah amanat konstitusi yakni UU nomor 20/2003 yang mengatur Sistem pendidikan Nasional. Tentang setaraan peserta homeschooling dengan sekolah formal juga diungkap, lebih meyakinan adalah dukungan dalam bantuan kepada homeschooling. Jika dalam sekolah formal disebut BOS – Bantuan Opreasional Sekolah, untuk homeschooling disebut dengan BOP – Bantuan Operasional Pendidikan. Sisi lain yang dapat memberikan ketenangan peserta homeschooling adalah sumber belajar saat ini kian meluas diantaranya adalah situs-situs internet seperti:
Larning Page [ http://www.learningpage.com/.]
Situs yang memberikan materi pengajaran mulai dari rencana pembelajaran, buku, lembar kerja dll yang diproduksi secara profesional yang dapat di download dan dicetak secara gratis.
Crayola Creativity Central [ http://www.crayola.com/.]
Situs untuk aktivitas mewarnai, Art & Crafts, Card Creator, Color Corner, Games, Leasons Plans. Dapat di download gratis.
How Stuff Work [ http://www.howstuffwork.com/. ]
situs yang menyediakan belajar mengenai bagaimana cara kerja segala sesuatu
Billy Bear 4 Kids [ http://www.billybear4kids.com/.]
Situs yang menyediakan pengajaran komputer menyenangkan bagi anak-anak.
How Stuff Work [ http://www.uen.org/.]
Situs yang menyediakan rencana pemebelajaran inti dan kurikulum gratis untuk K-12
Kemudian juga diketengahkan Jurnal /blog keluarga Homeschooling.
http://www,sumardiono.com/, jurnal lkeseharian homeschooling Indonesia
http://www.earlyhomeschooling.com/ Homeschooling biligual oleh keluarga Indira Genowati. Saat ini tinggal di Amerika Serikat
http://www.primary2hiomeschooling.blogspot.com/. Blog yang menyediakan informasi homeschooling keluarga Ines Setiawan.]

JUDUL : Home schooling Untuk Anak
PENGARANG : Loy Kho
PENERBIT : Kanisius Yogyakarta Jl. Cempaka Deresan Yogyakarta 55281 Kotak Pos 1125/YK Yogyakarta.. [0274] 588783. E-Mail : office@kanisiusmedia.com
Web: http://www.kanisiusmedia.com/
CETAKAN : 2007
ISBN : 979-21-1563-3
JUMLAH HALAMAN: 104
[Penulis buku ini ternyata juga seorang-orang praktisi homeschooling, pada saat ini berdomisili di Amerika Serikat mengikuti suaminya. Bersama suaminya mengasuh pendidikan ketiga putranya dengan Homeschooling, bahkan pratik pendidikan yang dilakukan mendapat pengesahan dari pemerintah atau resmi terdaftar di North Carolina Departement of Non Public-Education dengan nama dipilihnya: Cornerstone Liberty Academy. Penuturan buku ini seperti cerita tentang dirinya ketika di negeri Paman Sam, muyulai bagaimana sepak terjang pendidikan dan juga bagaimana orang berpaling dar sekolaf formal ke homeschooling. Ternyata homeschooling telah berkembang dan beranak pinak sejak lama. George Washington, Abraham Licoln, Thomas Alva Edison, Benyamin Franklin adalah contoh seorang-orang yang menjalani pendidikan lewat homeschooling. Menarik dcermati dalam buku ini adalah testimoni Jhon Tylor Gatto, seorang Guru teladan di New York yang memaparkan bobroknya pendidikan di negeri ini. Lebih lanjut terpapar bahwa pada saat penguasa atau pemilik modal merasa perlu melakukan kontrol terhadap masyarakat dan mengindoktrinasi massa untuk memiliki pandangan yang sama dengan pemilik modal, maka pada saat itulah sekolah massal [klasikal] dimulai. Kendati Amerika Serikat negara yang mengklaim dirinya sebagai negara asal demokrasi, ternyata terdapat beberapa negara bagian yang sangat ketat menerapkan aturan, sehingga kehadiran homeschooling juga berhadapan dengan aturan ketat tersebut. Tapi juga ada negara bagian yang sangat welcome. Buku ini juga memberikan informasi perkembangan homeschooling yang begitu luar biasa, pada tahun 2004-2005 di North Carolina saat terdapat 58.750 anak yang mengambil pilihan belajar di Homeschooling. Bersemainya sekolah rumah ini diindikatori adanya tuku buku khusus yang menyediakan buku-buku bertajuk homeschooling. Nama toko buku tersebut adalah Home School Gathering Place, warung buku berkeinginan link dengan toko buku ini.]


JUDUL : Rumahku- Sekolahku Homeschooling
PENGARANG : A.Abe Saputra
PENERBIT : GRHA Pustaka [Kelompok Penerbit Pinus) Jl.Tegal Melati N0. 118 C Jongkang (Belakang Mojali) Sleman Yogyakarta 5581 Telp. Redaksi [0274] 869646 E-mail: rumahpinus@yahoo.com.
CETAKAN : I Juli 2007
ISBN : 978-979-16377-2-5
JUMLAH HALAMAN: 148
[Kendatipun buku ini merupakan buku saku, ternyata sangat sarat dengan penjelasan konkrit homeschooling, buku ini menyajikan tulisan yang seakan-akan mempromosikan pentingnyan homeschooling. Tokoh-tokoh nasional yang lahir dari daratan homeschooling juga diungkap. Buku ini juga memperjelas kedudukan homeschooling, sebagai pendidikan yang legal di negeri ini. Pikiran-pikiran yang memberikan pencerahan juga disajikan dalam buku ini, dan tidak tanggung-tanggung buku mencuplik pendapat tokoh yang mendunia, untuk pemicu.Tokoh-tokoh itu antara lain:
Rabindranath Tagore, yang mengatakan ”sekolah adalah siksaan tak tertahankan”
Kahlil Gibran, ” Apakah akan datang masa ketika Guru manusia adalah alam, kemanusiaan adalah bukunya”
Buku ini secara lugas juga memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang Homeschooling, bahkan juga memberikan resep-resep manjur untuk orangtua yang sudah terpikat dengan kegiatan rumah sekolah. Mitos dan intepretasi yang salah juga diangkat dalam buku ini, sekedar untuk menujukkan pada khlayak pembacanya, agar lebih memahami yang sesungguhnya.Lampiran Buku ini memberikan informasi terkait dengan alamat homeschooling, serta situs yang ada di internet:
Sekolah Jerapah Kecil:
Pimpinannya: Ibu Emmy Soekresno S.Pd
Alamata : Jl. Sadar Ujung RT 08/10 RTM, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok. Telp. [021] 70232844. E-mail : jerapahkecil2000@yahoo.com
Komunitas ”Berkemas”
Pimpinan : Ibu Yayah Komariah S.Pd
Alamat : Jl AUP, Gang Haji Mesir 2, Rt 002/010, N0.028 Telp. [021] 78839571.
Sumber online yang dapat dimanfaatkan untuk bahan ajar dalam homeschooling:
http://www.howstuffworks.com/
http://www.homeschoolzone.com/
http://www.homeschoolearning.com/
http://www.homeschoolmath.net/
http://www.homeschooling.gomilpitas.com/
http://www.austega.com/gifted/index.htm
http://www.nationalgeographic.com/kids/
http://www.kidsolr.com/ ]

JUDUL : Homeschooling Rumah Kelasku, Dunia Sekolahku
PENGARANG : TIM Kompas
PENERBIT : PT Kompas Media Nusantara Jl. Palmerah Selatan 26-28 Jakarta 10270 E-mail: buku@kompas.com.
CETAKAN : II september 2007
ISBN : 978-979-709-316-7
JUMLAH HALAMAN: 162
[Seputar pelaksanaan homeschooling di Indonesia, utamanya yang berada di Ibu kota di kupas dalam buku ini. Putra para tokoh dan pejabat di Indonesia ternyata banyak yang ”kesemsem” alias terpesona pada aktivitas belajar yang bertajuk homeschooling. Kita pasti mengenal seorang yang bernama N.Riantiarno, seorang-orang yang acapkali muncul di kaca TV, merupakan budayawan terkenal dengan gagasan cerdiknya. Saat ini mempercayakan putranya, Gagah Tridarma Prasetya, untuk ikut model pembelajaran ini. Ada pula seorang anggota DPR yang melirik model ini, berliau adalah anggota Komisi X DPR yang membidangi masalah-masalah pendidikan, Masduki Badowi. Putranya sejak SMA kelas satu tidak kerasan pada sekolah formal, saat ini telah merasa cocok untuk berada di ruang belajar homescooling. Model pendidikan alternatif yang terkait dengan kejuruan juga dibahas dalam buku ini, yang memberikan alternatif baru, bahwa sekolah ternyata juga bisa cari duit. SOKG yang dimaksud, SOKG, adalah model pembelajaran pada seorang-orang yang tidak pada posisi di sekolah formal, pembelajaran diberikan dalam bentuk ketrampilan hidup. Pada sekolah ini segmen ketrampilan yang diberikan adalah otomotif. SOKG singkatan dari Sekolah Otomotif Kartini Gratis. Sekolah ini oprasionalnya di Jalan Pulo Asem Utara Raya Np.72, Kelurahan Jati Kecamatan Pulo Gadung. Jakarta Timur.
Yang unik buku ini ternyata juga sempat ngrasani UN-Ujian Nasional dengan lead, Ujian Nasional dan Suara Anak, dalam keterangan teks photo tertulis kata ” Bagi sejumlah anak, ujian nasional yang mematok angka minimal standar kelulusan kini talah menjadi semacam teror dan momok yang menakutkan. Ternyata pembahasan Ujian Negara ini terkait dengan tulisan yang menggambarkan, apakah homeschooling juga dituntut dengan Ujian Nasional?.]

JUDUL : Homeschooling Keluarga Kak Seto
PENGARANG : Seto Mulayadi
PENERBIT : Kaifa PT Mizan Pustaka Jl. Cinambo No. 135. Cisaranten Wetan, Bandung 40294 Telp. [022] 7834310. E-mail: kaifa@mizan.com.
CETAKAN : III september 2007
ISBN : 978-979-1284-05-9
JUMLAH HALAMAN: 208
[Buku ini dikemas secara santai, lay-out maupun sajiannya cekli, dan mudah dipahami, barangkali karena dibelakang buku ini ada sosok manusia yang bernama Hernowo, seorang-orang yang pakar bidang penerbitan. Sampul depan buku ini tertera tulisan, Buku panduan praktis dan siap pakai. Mudah, murah, meriah dan direstui pemerintah. Buku ini mengungkap bahwa home schooling bukan aktivitas pendidikan liar, namun sebuah pendidikan alternatif yang legal alias direstui pemerintah.
Dengan jelas buku ini menunujukkan bahwa pemerintah telah merestui, ini ditandai dengan legalitas yang merujuk UU Sisdiknas No. 20/2003 tepat pasal 27 ayat 2....hasil pendidikan informal [homeschooling] diakui sama dengan pendidiksn formal [sekolah negeri atau swasta], dan nonformal [ kursus-kursus] setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan. Tokoh-tokoh Nasional yang tumbuh dan berkembang lewat homeschooling juga diungkap, mulai dari KH. Agus Salim Hingga Hamka.
Lewat buku ini akan membuka khalayak pembacanya, untuk lebih mengetahui bahwa hingga saat ini banyak penerbitan lain, misalnya:
Ibuku-guruku : Belajar di rumah dalam balutan kearifan dan kehangatan [kisah sukses homeschooling] oleh Mary Layne, Penerbitan MLC, Bandung, 2005
Belajar Tanpa Sekolah : Bagaimana Memanfaatkan Seluruh Dunia sebagai Ruang Kelas Anak Anda, oleh Penerbit Nuansa Bandung, 2006
The Everything Homeschooling book, oleh sherri Linsenbach, Adams Media Corporation, Avon, 2003
Homeschooling: Answer to Question Parents Most Often Ask, Creative Teaching, oleh Deborah dan Windaham, Robert, Press,Inc., Cypress, 1995.
Homeschooling your child free, oleh Gold, Laura Maery dan Zielinski, Joan M Three Rivers
Homeschooling ”Take a Deep Breath You Can Do This!, oleh Terrie Lynn Bittner, Mapletree Publishing Company, Denver, 2004
The Ultimate Book of Homeschooling Ideas, Three Rivers, oleh Dobson Linda New York, 2002. dll.]

JUDUL : Ibuku Guruku
PENGARANG : Marty Layne [terjemahan]
PENERBIT : MLC Jl.Golf Barat X No. 2, Bandung 40293 Telp. [022] 7103950. E-mail: penerbit@mizanlc.com. Web : http://mizanlc.com/
CETAKAN : I Agustus 2005
ISBN : 979-3611-23-5
JUMLAH HALAMAN: 429
[Pengakuan seorang Ibu dengan empat putra, yang melakukan model pembelajaran dengan wadah homeschooling, melalui pengalamannya ditorehkan dalam buku dengan gaya ceritera atau testemoni hidup, mengantarkan pembaca memahami homeschholing. Terkait dengan para Ibu, maka buku ini memberikan reinforcement bahwa setiap Ibu pasti mampu melaksanakan kegiatan ini. Berkaca dari pengalaman itu ternyata sumber belajar itu, terdapat disekitar rumah kita. Kiat-kiat sederhana terpancar lugas dari pengalaman seorang bernama Marty Layne, dan mudah untuk dipraktikkan. Buku ini tidak menutup diri untuk dibaca siapapun, karena dengan membaca pengalaman, seorang orang akan mudah mencari alternatif dengan cepat. Utamanya bila orang tua sedang menghadapi kendala pembelajaran.]



BERIKUT BUKU BERNADA SINIS TERHADAP SEKOLAH FORMAL:
[Buku buku ini ada di warung kami, dan pada saat yang tepat akan dibahas khusus, masih banyak jenis buku semacam ini, tapi semuanya tidak dapat dianggap sinis, bisa juga dikatakan sedang mengkritisi]. Kami meyimpan banyak buku Ivan Ilich, dan buku dengan judul yang nggak enak di kuping tapi enak dibaca, seperti:
Sekolah belenggu
Matinya Sekolah
Pendidikan yang diperdagangkan
MC Donalisasi pendidikan, dan......masih berjimbun tunggu tanggal mainnya.

JUDUL : Selamat Tinggal Sekolah
PENGARANG : Yusran Pora
PENERBIT : MedPressYogyakarta Jl.Irian Jaya D-24, Perum Nogotirto II Yogyakarta 55292 Telp. [0274] 7103084.
CETAKAN : II 2007 (Edisi Revisi)
ISBN : 979-9222-91-5
JUMLAH HALAMAN:172

JUDUL : Lebih Baik Tidak Sekolah
PENGARANG : Sujono Samba
PENERBIT : LKIS Yogyakarta Salakan Baru No. 1 Sewon Bantul Jl. Parangtritis Km.4,4 Yogyakarta Telp. [0274] 387194.
CETAKAN : I Januari 2007
ISBN : 979-25-5259-6
JUMLAH HALAMAN: 93

JUDUL : Sekolah Itu Candu
PENGARANG : Roem Topatimasang
PENERBIT : Pustaka Pelajar Jl. Celeban Timur UH III/548 Yogyakarta 55167 Telp. [0274] 381542.
CETAKAN : Agustus 2007
ISBN : 979-9075-58-0
JUMLAH HALAMAN: 139

JUDUL : Sekolah Bukan Segalanya [pendidikan Kristis Ala Totto-Chan]
PENGARANG : Aprinalistria, S.Psi, S.Fil
PENERBIT : : Pustaka Pelajar Jl. Celeban Timur UH III/548 Yogyakarta 55167 Telp. [0274] 381542. E-Mail : pustakapelajar@telkom.net.
CETAKAN : Agustus 2007
ISBN : 978-979-1277-68-6
JUMLAH HALAMAN: 91

2 comments:

Haniar said...

Salam kenal, saya Haniar, menarik sekali dapat menemukan blog ini. Sepertinya Bapak mempunyai banyak informasi dari semua buku-buku seputar homeschooling. Saya tertarik membuat tesis mengenai homeschooling. Mohon bantuannya, karena terus terang saja informasi yang saya kumpulkan baru sedikit dan perbendaharaan buku juga masih kurang. Menurut Bapak, apakah dari sekian banyak buku dan riset yang dipaparkan dalam buku-buku tersebut, adakah hal-hal yang masih belum terjawab atau perlu untuk dilakukan riset sehubungan dengan homeschooling di Indonesia? Jika saya ingin membuat riset terhadap keefektifan homeschooling di Indonesia, apakah hal-hal yg signifikan yang diperlukan? Trims sebelumnya untuk kesediaan Bapak meresponi komentar saya.
Salam, Haniar

Andini Rizky said...

Terima kasih untuk informasi judul-judul buku homeschooling-nya. Sayang, buku dari penerbit Mizan sudah tidak tersedia di toko buku online (Dunia Tanpa Sekolah dan Ibuku Guruku). Semoga penerbitnya mau mencetak ulang.