SILA CARI DI SINI!

Google

Wednesday, June 24, 2009

EKONOMI INDONESIA MAU KE MANA?

Rupanya wacana "NEOLIB" terus menggelinding, orang terasa mendapatkan makanan baru, yang dituju sudah jelas PAk Prof Boediono, karena beliau dianggap pengususng NEOLIB. Tapi apa sebenarnya Neolib itu, dan apakah benar Pak Boediono termasuk pengusungnya, banyak orang yang sedang dalam tanda tanya. Buku ini ingin mengklarifikasi.
Buku ini merupakan rangkuman dari 10 esai ekonomi8 Prof Dr. Boediono, yang vditulis dari tahu8n 1981-2007. Dari esai tersebut juga terpapar sebuah pidato pengukukuhan Guru Besar Fakultas ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada pad Februari 2007. Dalam pidato pengukuhannya Prof. Boediono berupaya mencari suatu jawaban atas pelbagai pertanyaan, antara lain: Apakah jalannya reformasi yang kita tempuh sejak 1998 ini sudah "benar"?. Kemudian beliau juga berefleksi dalam benaknya, mengapa pertumbuhan ekonomi kita tak dapat melaju secara cepat dan dahsyat. Kemudian dari relitas empiri yang diperoleh menunjukkan bahwa daya kemampuan mengenyahkan penggaruan akhirnya juga lemah. Selanjutnya Prof Boediono juga menanyakan apakah reformasi yang sedang dieuforiakaan ini cocok dengan lama negara sedang eberkembang seperti Indonesia?. Buku ini seanjutnya memaparkan langkah konkret bagi penylesaian berbagai persoalan ekonomi yang dihadapi bangsa Indonesia.
Kalau mencermati secara sekasama, apa yang ditulis tentunya khalayak baca akan dapat menjatuhkan sebuah keputusan yang obyektif tentang pokok-pokok pikiran Pak Boediono. Orang akan menimbangan apakah Pak Boediono itu seorang Neolib atau bukan.
A. Tony Prasetiantono- Dosen Fakultas Ekponomika dan Bisnis, yangsaat ini menmgepalai Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Pubnlik [PSEKP] UGM, memberi kata pengantar.
Dalam pengantarnya menyinggung tentang Neoliberalisme, menjelaskan bahwa paham neolibneralisme itu awalnya berangkat dari diskursus yang berkembang di kalangan para ekonom yang berada di Wadhington DC, ketika menyikapi krisis ekonomi yang terjadi di Amerika Latin. [Meksiko, Brasil dan Argentina]. Dari serangkaian diskusi, tercapailah semacam konsensus yang dirumuskan menjadi 10 elemen. Ini merupakan resep generik. Formula ini kemudian disebut Washington Consensus, yang pertama kali dilontarkan oleh John Williamson [1994]. Belakangan, resep ini juga sering disebut sebagai neoliberalisme. Buku ini membahas lengkap konsep yang dilontarkan oleh John Williamsom itu.
Data buku
JUDUL:Ekonomi Indonesia Mau ke mana? [Kumpulan Esai Ekonomi]
PENULIS : Boediono
PENERBIT: KPG-Kepustakaan Populer Gramedia]
ISBN: 978-979-91-0189-1
TEBAL: xvi + 149 halaman: 13,5 cm x 20
CETAKAN : Pertama Juni 2009

No comments: