SILA CARI DI SINI!

Google

Wednesday, August 29, 2012

TRAGEDI SAMPANG, MEMBUAT BERBURU BUKU APA AJARAN SYI'AH ITU?

Ketika tragedi di Sampang Madura mencuat dan memenuhi pemberitaan hampir semua media, membuat Warung Buku memburu buku-buku yang mampu memaparkan pengertian ajaran Syi'ah. Hasil buruan ternyata nggak sia-sia, akhirnya dapat diperoleh buku yang memaparkan tentang tokoh dan ajaran Syiah.
Pengertian tentang Syi'ah itu didapat dari buku "Pendidikan Ahlussunnah Waljamaah dan ke-NUan" sebuah buku yang digunakan membuka wacana untuk Siswa  SMP/MTs Kelas 2.
Tepatnya pada Bab IV, halaman 34 buku ini, dibentangkan tentang Tokoh dan Ajaran Syi'ah. Menurut buku ini:
       Arti Syi'ah dalam bahasa arab adalah pengikut. Syi'ah Ali berarti menurut bahasa arab adalah pengikut Ali. Arti Kaum Syi'ah menurut istilah yaitu kaum yang beri'tiqad bahwa Sayyidina Ali kw, adalah orang yang berhak menjadi khalifah pengganti Rasulallah SAW, karena Nabi berwasiat bahwa pengganti beliau sesudah wafat adalah Ali kw.
       Awal timbulnya kaum Syi'ah dari pendapat yang mengatakan bahwa jabatan khalifah itu hak Ali, bukan hak sahabat-sahabat lainnya, karena sebagian mereka memandang bahwa Ali kw, lebih utama daripada Abu Bakar ra, Umar ra, dan Utsman ra.,...........
Dari pendapat tersebut, kemudian kelompok Ali kw, membuat teori-teori untuk membela endapatnya tenjtang khalifah, dan berhaknya Ali atas jabatan itu, sehingga menjadikan Syi'ah sebagai madzb agama bertentangan  dengan Ahlussunnah Waljama'ah maupun paham lainnya.
............
Data buku
JUDUL: Pendidikan Ahlussunnah Waljamaah dan Ke-NUan.
PENYUSUN: Dr. Agus Mulyana, M-Hum; Drs. H. Husen Saeful Insan; Dra. Hj, Ulfah, Msi
PENERBIT :JELAJAH NUSA. Jl. Dr. Setiabudi 98 Pamulang Timur. Ciputat, Tangerang. Telp/Fax : 021-74710621. E-mail : jelajahnusa@rocketmail.com
ISBN : 978-602-9336-00-9 (jilid lengkap)
          : 978-602-9336-03-0 (jilid III)
CETAKAN : Pertama 2012
DAFTAR ISI:
Bab I. Sejarah Munculnya Firqoah-firqoah
Bab 2. Faktor-faktor Penyebab Timbulnya Firqoah-Firqoah Dalam Islam
Bab 3. Mengenal Tokoh dan Ajaran Khawaraij
Bab 4. Tokoh dan Ajaran Syi'ah
Bab 5. Faham Qadariyah dan Jabariyah
Bab 6. Tokoh dan Ajaran Wahabiyah
Bab 7. Tokoh dan Ajaran Ahlussunnah Waljama'ah
Bab 8. Tokoh dan Ajaran Mu'tazilah
Bab 9. Mengamalkan Mabadi Khaira Ummah
Bab 10. Mengamalkan Khitah Nahdlatul Ulama


No comments: