SILA CARI DI SINI!

Google

Tuesday, April 29, 2008

JADI PENULIS FIKSI ? Gampang Kok


Buku ini sangat cocok dijadikan penuntun oleh siapa saja yang memerlukan tuntunan, tentunya seputar bagaimana monorehkan sebuah karya berkategori fiksi. Penulisnya seorang wanita bernama pena Ari Kinoysan, nama sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga Ari Wulandari.
Jelasnya buku yang diberi judul “Jadi Penulis Fiksi ? Gampang kok, adalah hasil induksi pengalamannya ketika remaja. Reputasai sebgai penulis tidak mungkin diragukan karena indikasi reputasi sudah jelas alias terang bin benderang.
Penerima Anugerah Kebudayaan 2006, dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia ini, ternyata produktif sekali. Karya-karyanya sudah sering keluar masuk toko buku, tentunya juga harus lewat pintu penerbit dulu. Buku dan karyanya antara lain:

  1. Hot Chocolate [Cinta Mizan Grup Bandung 2006]
  2. Tahajud Cinta [Lingkar Pena Publishing House Jakarta, 2006]
  3. Meooo! [Grasindo, Jakarta 2006]
  4. Cowok #![Cinta Mizan Grup, Bandung 2004]
  5. Duo Tajir [Media Presindo, Yogyakarta 2005]
  6. Ketika Berjumpa [MU3, Jakarta 2005]
  7. Lho…Kok Kamu? [Grasindo, Jakarta 2005]
  8. Pacar Sabatku [Media Presindo, Yogyakarta 2005]
  9. Pokoknya Aku Suka Kamu [Grasindo, Jakarta 2004]

Masih ditambah karya lain dalam bentuk Cergam cerita rakyat yang diterbitkan Adicita Karya Nusa Yogyakarta: “Asal Mula Sumber Garam Sepang” [2006] “Sangi Sang Prabu” [2006 ], “Putmaraga Yang Durhaka” [2006], “Asal Mula Tari Pattudu” [2005] dan “Si Parkit Raja Parakeet” [2003].

Dari karya-karya itu membuat orang tidak ragu, untuk meniru dan ikut ajuran buku ini, apalagi isi buku berupa motivasi, setengah provokasi, sehingga membuat orang untuk menyambut dengan tekad kepastian untuk mengerti. Khlayak pembaca oleh buku ini diposisikan untuk penulis fiksi pemula, sehingga gaya bahasa penuturan dibuat seoalah-olah sedang dialog dengan anak ABG[anak baru gede].
Imajinasi menurut buku ini, adalah pemicu yang dahsyat untuk mengembangkan karya-karya fiksi, tentunya juga masih ditambah dengan modal niat yang kuat.
Kunci utama yang harus disiapkan menurut buku ini adalah hadirnya ide brilliant, pertanyaannya bagaimana kalau ide itu tidak keluar dari pikiran, macet dan seret bin “mampet”. Buku ini menawarkan sekitar 50 resep memancing keluarnya ide brilliant [hlm: 22-26]
Tema Cerita, Premis Cerita, Alur Cerita, Setting Cerita, Sipnosis Cerita, Struktur Cerita Hingga pemilihan karakter peran, dibahas tuntas nan jelas. Buku ini dengan sombongnya memberikan jaminan pasti, bahwa membaca buku ini pasti bisa menulis fiksi.
Tip dalam memilih karakter peran juga diungkap, sedangkan karakter peran oleh buku ini dibedakan menjadi :

  • Karakter protogonis
  • Karakter sampingh
  • Karakter Antogonis
  • Karakter Kontogonis
  • Karakter Skeptis.

Menurut Ari Kinosyan, karakter peran mendongkrak cairnya cerita, karena karakter itu menyimpan pula juta varian sikap, tinggal mutu imajinasi penulis yang harus diuji.

DIMANAKAH KEKUATAN BUKU INI ?
Buku ini memilki kesanggupan merubah orang menjadi bisa asalah paham dan memahami masalah penulisan dan penyelesaiannya. Buku ini memberi solusi ketika seorang penulis menghadapi masalah-masalah berikut:

  1. Nggak Bisa Nulis
  2. Nggak ada ide
  3. Macet di tengah jalan
  4. Malas
  5. Nggak disiplin
  6. Nggak ada waktu
  7. Cerita Ngelantur
  8. Nggak bisa ngebedain karakter lewat dialog
  9. Kurang Dramatisasi
  10. Opening dan Ending Nggak Kuat
  11. Materi Kurang
  12. Nggak semangat
  13. Nggak tahu harus mulai nulis dengan apa
  14. Belum kelar, mau deadline
  15. Tulisan nggak pernah kelar

MEMBANGUN NETWORKING TERNYATA PERLU
Penulis fiksi ternyata harus kreatif membuat jejaring, itu kata buku ini. Pikiran sementara yang membangun jejaring alias Net Working itu seorang yang bergerak dibidang perdagangan. Ternyata penulis juga harus mahir
Buki ini menyarankan sebagai berikut:

  1. Siapin kartu nama
  2. Pikiran terbuka
  3. Menghadiri acra penulisan [launching buku, workshop, hingga temu penulis]
  4. Jalin hubungan pribadi
  5. Sikap mental yang baik
  6. Konsisten dengan ucapan
  7. Tepati Janji
  8. Bisa kerjasama
  9. Rajin promosi
  10. Perbaiki tulisan terus menerus

ISTIMEWANYA BUKU INI
Membangkitkan motivasi menulis, buku ini dengan swengaja mengankat AKROSTIK, nama pena penulis, menjadi jalinan kata penggungah.
Akrostik itu judulnya KINOYSAN MENULIS
K=einginan yang kuat dan keteguhan hati untuk menulis. Siapa pun asal dia nggak buta huruf pasti bisa jading penulis. Dari keinginan itulah, saya mulai menulis
I=de brilian yang akan dituliskan. Mesti ada satu hal yang beda sebelum mutusin untuk menuli. Saya banget kalau menulis 200 halaman novel, akhirnya ditolak Cuma ide yang kita tulis sudah pernah digarap orang lai.
N=yemangatin dan nyenengin diri untuk ngetik, nongkrong di depan PC atau laptop. Ini adalah pekerjaan yang ngebosanin. Saya pernah berpikir alangkah seru dan nyamanya kalau ada computer yang bisa ngerekam apa yang saya omongin dan kemudian langsung ngubah dari bentuk suara ke bentuk tulisan dalam file. Pasti jari-jari saya nggak capek untuk sekian ratus ribu karakter.
O=………………….
Y=…………………..
S=……………..……
A=……………………
N=…………………
M=…………………
E=…………………
N=……………………
U=……………………
L=……………………
I=…………………………
S=……………………..

Detil buku:
JUDUL: Jadi Penulis Fiksi ? Gampang Kok
PENGARANG : Kinosyan [nama Pena] ,Sri Wulandarai
PENERBIT: CV. Andi Offset [Penerbit Andi] Jl. Beo 38-40. Telp [0274] 561881 [hunting] Yogyakarta 55281.
ISBN : 978-979-29-0076-7
CETAKAN: 2007
HALAMAN: viii + 184 hlm,: 12 x 19 Cm

No comments: