SILA CARI DI SINI!

Google

Wednesday, December 10, 2008

S.ANN DUNHAM-IBU BARACK OBAMA PRESIDEN TERPILIH AS

Sebuah disertasi yang mencermati tentang kerajinan kini telah diubah menjadi sebuah buku, dengan judul "Pendekar-pendekar Besi Nusantara. Kajian Antropologi tentang pandai Besi Tradisional di Indonesia.
Yang menjadi daya tarik pada buku ini adalah penulisnya. Penulisnya adalah seorang wanita, dan memiliki putra yang saat ini menjadi presiden Amerika Serikat.
Stanley Ann Duham lahir di Forth Leavenworrth, Kansas 29 November 1942. Dia adalah anak tunggal pasangan Stanley Amour Dunham dan Madelyn Lee Payne.
Bagian-bagian dari disertasi Ann yang digambarkan pada buku ini, mencerminkan kecitaaqnnya terhadap Indonesia dan budayanya. Buah dari Pengalaman lapangan selama 20 tahun lebih dibarengi dengan kegiatan merekam kejadian demi kejadian dan interaksi lainnya, akhirnya terkumpul menjadi disertasi dengan ketebalan 800 halaman. Ternyata jika dicermati halaman demi halaman, Ann tidak hanya mendiskripsikan kegiatan para pandai besi, namun tulisan Ann juga menjungkirbalikan anggapan para peneliti sosial Barat bahwa penduduk desa pribumi tidak mampu menjalankan usaha berorientasi keuntungan materiel. Kritik terhadap pandangan Clifford Geertz dan sosiolog Amerika lainnya dipaparkan dalam disertasinya.
Data Buku
JUDUL: Pendekar-pendekar Besi Nusantara: Kajian Antropologi Tentang Pandai Besi Tradisional di Indonesia
PENULIS: S.Ann. Dunham
PENERJEMAH: Yuliani Liputo
PENERBIT: PT MIZAN Pustaka. Jl. Cinambo No. 135 [Cisaranten Wetan]. Ujungberung, Bandung 40294. Telp. 022-7834310. E-mail; kronik@mizan.com. Web: www.mizan.com
ISBN: 978-979-433-534-5
TEBAL: 219 halaman

No comments: