SILA CARI DI SINI!

Google

Tuesday, February 3, 2009

SIKAP BIJAK BAGI PEROKOK-DR.A.P. BANGUN

SOLUSI TUNTAS UNTUK MENGURANGI ROKOK DAN BERHENTI MEROKOK
Merubah perilaku perokok itu memang tidak mudah, tidak hany bekal kesabaran dan pengetahuan, namun tuntutan bersikap bijak adalah modal yang harus dikedepankan. Seorang-orang Dr. AP Bangun, memilki sorotan khusus terhadap perilaku orang merokok, bahwa untuk mengurangi dan menghentikan samasekali adalah sebuah kepiawaian yang disandarkan kepda butir-butir kebijakan.Buku ini mensuguhkan hal ikhwal tentang rokok lengkap dengan seluk beluk pengentasannya. Kurang lebih dua puluh satu essay yang tergambarkan dalam buku ini, semuanya berciatarasa informasi dan menasihati, dan terdapat satu bentuk testimoni dari Ken Doss yang mendasari dirinya putus dengan rokok. Dan sikap bijak buku ini terurai pada halaman 57, yang membahas kiat menolong orang lain berhenti merokok. Kata menolong orang lain inilah, yang paling pantas dinyakatan sebagai sikap bijak. Warung akan menyuplik untuk dua essay, masing-masing adalah testemoni Ken Doss, dan kiat membantu orang lain.
TUJUH ALASAN MENGAPA SAYA BERHENTI MEROKOK [Ken Doss]
PERTAMA [KESEHATAN]: Peringatan keras yang saya dengar dan baca lewat radio, TV, surat kabar, iklan, dll tentang risiko rokok, seperti penyakit jantung, tekanana darah tinggi dan beberapa penyakit kronis
KEDUA [MENGGANGGU]:Mengganggu diri saya dan orang lain. Antara lain asap yang menyakitkan mata, bau asap rokok yang akhirnya memualkan perut saya, kotoran abu rokok yang menjengkelkan dan saya sering dijauhi oleh taman-teman yang tidak merokok
KETIGA [TELADAN]:Sebagai orang tua, kami menjadi teladan bagi anak-anak, demi masa depan mereka
KEEMPAT [KEBEBASAN]: Saya merasa terikat. Hidung saya harus selalu dekat dengan rokok. Rokok harus ada dikantong ke mana pun saya pergi. Sangat merepotkan. Sering saya harus bertanya berapa lama saya harus berada dalam satu pertemuan yang berada dalam siatuasi tidak merokok.
KELIMA [UANG]: Saya selalu beli satu slof. Belum lagi uang yang harus saya keluarkan, yang mennyangkut rokok itu sendiri, seperti korek api. Sering gambar yang saya buat menjadi bolong oleh percikan api dan saya harus mengganti, mengulanginya. Juga pakaian saya sering bolong oleh api rokok
KEENAM [KESAKSIAN] Dari orang tentang bagaimana dan mengapa mereka berhenti merokok
KETUJUH[MEROKOK ITU DOSA]: Saya ketahui itu dari kitab Injil di mana ada akeharusan untuk menjaga tubuh ini, karena kita diciptakan dengan sempurna, suci dan bukan dikotori oleh asap tembakau. Jaminan untyuk mengatasi masalah rokok ini melalui pertolongan Yang Maha kuasa.
KIAT MENOLONG ORANG LAIN BERHENTI MEROKOK
Memarahi atau mengomeli mereka yang merokok bukanlah tindakan yang bijak. Bahkan, ucapan pun. Ancaman, paksaan, teriakan danmelalui sumpah untuk meninggalkan obyek perhatian tersebut pada diri perokok membuat Anda kecewa dan rendah diri. Lalu apa sesunggunya yang bisa Anda perbuat untuk membantu ortang lain mengehentikan kebiasaan merokok? Jika seorang-orang yang dekat dengan Anda telah bertekad untuk berhenti merokok, berikut adalah hal-hal untuk membantunya.
  • Pastikan mereka kalau Anda benar-benar mendukung usahanya dan pedulu kepadanya tanpa memperdulikan apakah dia berhasil atau tidak dalam tekadnya untuk berhenti merokok tersebut.
  • Tawarkan kegiatan yang berguna, seperti mengurus bayi, menyiapkan makan atau hal-hal lain yang dapat membantu mengurangi stres dalam masa beberapa hari setelah ia memutuskan untuk berhenti merokok
  • Jangan mengatakan apa yang harus mereka lakukan. Anda hanya bisa menawarkan cara-cara untuk berhenti merokok, tetapi jangan mengomeli dan memerintah
  • Hargai usahanya untuk berhenti merokok dengan tulus dan ihklas, Berilah pendapat Anda bagaimana dia bisa meningkatkan usahanya untuk berhenti merokok
  • Perhatikan dan hayati perasaannya selama ia berjuang untuk menghentikan kebiasaan merokoknya
  • Mintalah pertolongan kepada Tuhan
Data buku
JUDUL: Sikap Bijak Bagi Perokok-Solusi Tuntas untuk Mengurangi dan Berhenti Merokok
PENULIS : Dr. AP.BAngun
PENERBIT: Indocamp. Jl Bangka Raya No. 2 Kebayoran Baru Jakarta-12720. Telp: 021-70888075. E-mail: indocamp@yahoo.com
ISBN : 979-020-209-1
CETAKAN : I
TEBAL : 76 hlm; 19cm

No comments: