SILA CARI DI SINI!

Google

Saturday, February 28, 2009

PERGERAKAN KEBANGSAAN

MEMBASISKAN PANCASILA
Buku ini dikais dari Konferensi Studi Pergerakan Kebangsaan II di Surabaya, 21 - 25 Pebruari 2008, dilihat dari isinya buku ini telah lama beredar, diperkirakan terbit ketika Konferensi Studi dan Rapat kerja Nasional I dilaksanakan[Yogyakarta 17-19 Mei 2008. Buku ini berjilid dan jilid lainnya dapat unduh pada situs milik pergerakan ini. Tajuk yang dibahas berkaitan dengan "membasiskan Pancasila", dan dari judul ini dapat ditafsirkan bahwa negeri yang sudah berusia 64 tahun ini, ternyata Dasar Negeranya mengalami pasang surut dan cenderung tidan membumi. Inilah yang menjadi dongkrak sebuah keinginan Pergerakan ini untuk membasisikan.
Dari pendahluan yang tertulis di halaman depan buku ini, ternyata meperjelas dugaan bahwa Pancasila pernah tenggelam. Tulisan yang diangkat oleh buku ini merupakan naskah-nasah pemikiran yang ditulis oleh Soedaryanto. Dalam pendahuluannya menggambarkan gudah gelisah yang dialami oleh bangsa terkait dengan Pancasila sebagai Ideologi Negara.
Ada lima hal yang mendasari mengapa Pancasila harus mengalami "pembasisan" yakni:
  1. Reformasi sebagai bagian dari pendalaman dan percepatan proses globalisasi di Indonesia membawa serta masuknya nilai-nilai universal seperti demokrasi dan hak asasi manusia yang kemudian menguasai opini publik dalam atmosfir politik nasional. Wacana publik tentang demokrasi dan hak asasi manusia menjadi menonjol dan menenggelamkan wacana tentang Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 yang mewarnai "dunia bunyi-bunyian" pada masa Orde Baru
  2. Lenyapnya Pancasila dari "dunia bunyi-bunyian" sejak reformasi menimbulkan keprihatinan yang ckup dalam, baik dalam kalangan elite politik maupun masyarakat luas. Keprihatinan itu ditunjukkan melalui berbagai pernyataan di media massa maupun kegiatan-kegiatan lainnya seperti seminar, simposium, dan sarasehan mengenai Pancasila dan Eksistensinya setelah reformasi. Bahkan Lembaga Ketahanan Nasional [Lemhans] te;ah membentuk deputi khusus untuk menangani masalah"makin menipisnya kesadaran dan penghayatan akan pentingnya Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidupa bangsa"
  3. Pembasisan Pancasila adalah suatu upaya untuk memperkokoh eksistensi Pancasila melalui pemahaman masyarakat terhadap Pancasila serta implementasinya dalam menghadapi tantangan jaman sekarang

Itulah rasional yang dikedepankan oleh buku ini, agar upaya strategis untuk antisipasi sekaligus solusi adalah pembasisan. Buku ini secara garis besar akan membentangkan:

  1. Membasiskan Pancasila
  2. Oprasionalisasi Pancasila Sebagai Ideologi Negara
  3. Pancasila dalam tata Geopolitik Internasional

Catatan warung: Buku ini sangat cocok sebagai referensi para Guru dan Dosen Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan

No comments: