SILA CARI DI SINI!

Google

Wednesday, December 5, 2007

PAULO FREIRE Menulis dan Ditulis.

Orang mengenalnya sebagai tokoh pendidikan lahir dengan pemikiran pembebasan “Pedagogy of the oppressed “. Dari keluarga sederhana lahir pada tanggal 19 September 1921 di Recife, sebuah kota pelabuhan di timur laut Brazil.
Freire memperkenalkan perlunya pendidikan bagi kaun tertindas. Pendidikan adalah jalan menuju pembebasan yang permanent.
Jalan yang ditempuhnya adalah melalui problem solving, dan upaya peningkatan kesadaran [conscietization].
Friere mendiskripsikan conscientizacao sebagai sebuah proses untuk menjadi manusia yang utuh. Dan menurutnya perkembangan ini dapat dibagai menjadi tiga fase: kesadaran magis [menyesuaikan]; kesadaran naïf [memperbarui]; dan kesadaran kritis [mengubah]. Ketiga kesadaran ini dicermati melalui tiga tahapan yakni tahapan Penamaan, Berpikir dan Aksi. Gagasan ini digunakan untuk meneropong pola sikap manusia tertindas, serta bagaimana pola sikap selanjutnya agar terbebas dari penindasan. Inilah yang ditulisnya dalam buku aslinya : The Meaning of Conscientizacao: The Goal of Paulo Freire’s paedagogy” ditulis ketika itu sedang melihat kejinya perang saudara di berbagai negara seperti, Vietnam, Libanon dan Palestina].
Dalam membangun dan mengembangkan gagasannya Paulo Freire melakukan surat-menyurat dengan para pendidik Guinea-Bissau [Dalam Buku Pendidikan Sebagai Proses].
Model pendidikan tradisional yang dikenal dengan banking concept sangat ditentang, karena dianggap dehumanisasi, oleh karenanya secara konstruktivis, manusia harus berada pada fitrahnya. Banking concept menganggap manusia seperti botol yang dengan seenaknya kita isi. Manakala pendidikan pendidikan memeiliki acuan seperti tersebut, maka manusia serta merta kehilangan kebebasannya. “UC” mengkoleksi buku-buku Paulo Freire, ada sekitar 7 [tujuh buku ].
Data selengkapanya seperti berukut: apabila ingin daftar isinya tidak keberatan untuk kami tulis.

BUKU-BUKU YANG DITULIS DAN MENULIS PAULO FREIRE
JUDUL : Pedagogy Pengharapan
PENGARANG : Paulo Freire
PENERBIT : Kanisius , Jl. Cempaka 9 Deresan, Yogyakarta 55281 Kotak Pos 1125/YK Telepon [0274] 588783, 565996. E-Mail: office@kanisiusmedia.Com. Web: http://www.kanisiusmedia.com/.
CETAKAN : I/2001
ISBN : 979-21-0130-6
JUMLAH HALAMAN :328

JUDUL : Pedagogy Hati
PENGARANG : Paulo Freire
PENERBIT : Kanisius , Jl. Cempaka 9 Deresan, Yogyakarta 55281 Kotak Pos 1125/YK Telepon [0274] 588783, 565996. E-Mail: office@kanisiusmedia.Com. Web: http://www.kanisiusmedia.com/.
CETAKAN : I/2001
ISBN : 979-21-0131-4
JUMLAH HALAMAN: 167

JUDUL : Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan
PENGARANG : Paulo Freire
PENERBIT : Gramedia Jakarta
CETAKAN : I, 1984
JUMLAH HALAMAN: 157

JUDUL : Menjadi Guru Merdeka [Petikan Pengalaman]
PENGARANG : Ira Shor & Paulo Freire
PENERBIT : LKIS Yogyakarta Jl Penjaitan 91 Yogyakarta 55141. Telepon [0274] 417993. E-mail: lkis@indosat.net.id.
CETAKAN : II Juli 2000
ISBN : 979-95888-2-0. 979-95888-3-9
JUMLAH HALAMAN:300

JUDUL : Pendidikan Yang Membebaskan
PENGARANG : Paulo Freire
PENERBIT : Media Lintas Batas Condet Bale Kambang Jakarta Timur
CETAKAN : I/2001
JUMLAH HALAMAN: 110

JUDUL : Sekolah Kapitalisme yang licik [Dialog Bareng Paulo Freire]
PENGARANG : M.Escobar,KK [Editor]
PENERBIT : LKIS Gambiran UH V/48A Yogyakarta 55161Telpon [0274]
CETAKAN : I/1998
JUMLAH HALAMAN: 182


JUDUL : Conscientizacao Tujuan pendidikan Paulo Freire
PENGARANG : William A. Smith
PENERBIT : Pustaka Pelajar Yogyakarta 55167 Telepon [0274] 381542. E-Mail: pustakapelajar@yahoo.com
CETAKAN : I/2001
ISBN : 979-9493-69-7
JUMLAH HALAMAN: 198

JUDUL : Pendidikan Sebagai Proses [Surat menyurat pedagogis dengan para Pendidik Guinea-Bissau]
PENGARANG : Paulo Freire
PENERBIT : Pustaka Pelajar Yogyakarta 55167 Telepon [0274] 381542. E-Mail: pustakapelajar@yahoo.com
CETAKAN : I Juli2001
ISBN : 979-9289-56-4
JUMLAH HALAMAN: 269

JUDUL : Paulo Freire Kehidupan, Karya & Pemikirannya
PENGARANG : Danis Collins
PENERBIT : Pustaka Pelajar Yogyakarta 55167 Telepon [0274] 381542. E-Mail: pustakapelajar@yahoo.com
CETAKAN : I Juli2001
ISBN : 979-9289-14-9
JUMLAH HALAMAN: 179

No comments: