SILA CARI DI SINI!

Google

Thursday, September 4, 2008

MENYAMBUT BULAN SUCI:OBROLAN SANTAI SEPUTAR PUASA

Bulan Ramadhan saat terbaik beribadah, dan saat teridah untuk berbelanja pahala. Hampir setiap sudut kota menyambut kedatangannya, dengan slogan, anjuran bahkan himbauan pada setiap insan untuk menghormati bulan ini. Namun orang kadang menjadi lupa, dan cenderung lupa, kalau pada bulan yang penuh rakhmat dan barokah ini mengisyaratkan kita semua untuk berperang melawan hawa nafsu. Makna terdalam tentang puasa tidak di respon secara cermat dan cerdas, bahkan kadangkala memberi kesempatan munculnya sikap yang mengedepankan “citarsa pertmukaan”, penampilan dan simbolik. Esensi puasa tidak ditangkap secara benar, dan sebenarnya.
Fenomena menarik sedang terjadi dimana-mana terkait dengan bulan puasa, bahkan toko-toko buku menjajarkan buku yang bertnuansa islami dan mengupas hal ikhwal puasa Warung kali ini ikut menyambut, Markaban Ya Ramadhan, dengan membentangkan buku-buku terkait puasa, dalam sadapan ringkas terbatas. Kali ini myang mendaoat kesempatan adalah buku yang berkutat pada “obrolan Santai Seputar Puasa.
Data buku:
JUDUL : Obrolan Santai Seputar Puasa [Terjemahan dari buku—Mudzakarat ash-Shaim]
PENULIS: Ahmad Bahjat
PENERBIT : Nafas. Jl, Duren Tiga 39, Jakarta. E-mail : Penerbit-nafas@yahoo.com
Telp. [021]-7916174
ISBN: 978-602-8293-00-6
CETAKAN : I Agustus 1429 H/2008 M
TEBAL : 200
Buku ini merupakan otokritik bagi orang-orang Islam yang melakukan puasa tanpa memahmi secara benar esensi berpusa. Sehingga bisa jadi seorang-orang tampaknya berpuasa tapi melakukan hal-hal yang justru dapat membatalkan puasa atau setidaknya menghilangkan pahalanya.
Akhirnya buku ini mengacu al-Hadits yang isinya, “ Berapa banyak orang yang berpuasa [shaim] yang tidak mendapatkan apapun dari puasanya kecuali lapar dan haus”

No comments: