SILA CARI DI SINI!

Google

Thursday, June 5, 2008

STRATEGI MENANG PILKADA

Buku ini menawarkan cara mensiasati pilkada, untuk memenangkan sebuah pertarungan ternyata banyak rona-rona yang harus disisati, mengukur diri untuk dapat disambut baik konstituen memang harus dipersiapkan secara matang. Buku ini ingin memandu khalayak bacanya untuk meraih kemenangan, dalam tataran yang elegant tanpa harus membuat siasat curang atau “pengkadalan-pengkadalan”.
Jika dicermati secara mendalam, strategi pemenangan dalam Pilkada, hampir sama, dengan strategi pemasaran produk atau jasa. Membangun konstituen itu sama dengan merawat costumer untuk fanatic terhadap produk atau jasa. Membagi kategori konstituen itu sama dengan segmentasi pasar.
Detil buku:
JUDUL : Panduan Strategi Menang Pilkada
PENULIS : Agung Wibawanto, Syamsudin, Eko Hilal
PENERBIT: Pondok Edukasi Puri Sewon Asri Blok D 23. Panggungharjo Sewon Bantul. Telp. 0274-7481634
ISBN: 979-444-895-8
CETAKAN: 2006
HALAMAN: xii + 132 hlm, 14 x 20 cm

BUKU MENERJEMAHKAN SINERGI
Pencalonan pilkada adalah pencalonan paket pasangan antara kepala daerah dan wakil kepala daerah [baik di propinsi, kabupaten dan kota], maka mensinergikan performance politik. Sinergi tercapai jika dua orang atau lebih bekerjasama untuk menciptakan kondisi-kondisi yang lebih baik daripada sendirian.
Sebagai synergizer, harus memahami logika poltik, oleh karenanya sinergi harus tidak dipandang hanya sekedar “kompromi” atau “kerjasama”.
  • Kompromi adalah 1 + 1 = 1 ½
  • Kerjasama adalah 1 + 1 = 2
  • Sinergi adalah 1 + 1 = 3 atau lebih


Synergizer menanam benih untuk masa depan dengan meraih prestasi saat ini. Aktivitas ini bertindak sebagai katalisator untuk memanfaatkan kekuatan menuju perubahan dan memipin seluruh operasional.
Synergizer memanfaatkan banyak bakat dan ketrampilan untuk membuat keseluruhannya menjadi lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya.
Menciptakan langkah sinergis dapat dilakukan dengan beberapa hal:

  1. Menetukan konteks/ Visi dan mengembangkan percaya diri
  2. Menukur efektivitas Misi
  3. Mengidentifikasi peluang untuk mencapai Peningkatan
  4. Memobilisasi Dukungan
  5. Mengambil tindakan
  6. Mengukur Hasil dan Melakukan Peningktan Terus Menerus

MEMAHAMKAN PRODUK POLITIK
Buku ini memahamkan pada seorang-orang terkait dengan produk politik, bahwa produk politik itu bercirikan:

  • Intangibility [tak dapat diraba]
  • Inseparability [tak dapat dipisah-pisahkan]
  • Variability [beraneka ragam]
  • Perish ability [tak tahan lama]

MEMANFAATKAN JAJAK PENDAPAT, SURVEI, POLLING, MONITORING :
Jika digunakan secara optimal, jejak pendapat, survey, polling dan monitoring akan dapat membangun pencitraan. Fungsi yang dimaksud :

  • Membangun profile kandidat
  • Merumuskan program
  • Membidik sasaran pemilih
  • Tracking [mengenali keunggulan dan kelemahan diri]

PESONA YANG DIHARAPKAN :
Kandidat diharapkan memiliki pesona kepribadian “4A”, pesona ini diurai buku secara sekuensial sebagai berikut:

  • Avilabilitas [Avilability: selalu ada jika diperlukan]
  • Asesibilitas [Accessibility : kemampuan mengakses]
  • Afabilitas [Affability: selalu ramah-tamah]
  • Abilitas [Ablity : kemampuan]

2 comments:

Ridho Blog said...

beli buku ini dimana?ada rekomendasi?butuh buat bahan tesis mas. kalau ada info, kirim ke guci.ridho@gmail.com
Terima kasih

smarty.andres said...

PESAN DIMANA PAK