SILA CARI DI SINI!

Google

Tuesday, April 7, 2009

KALAU MAU BAHAGIA JANGAN JADI POLITISI

Arvan Pradiansyah
Penulis Best-Seller The 7 Laws of Happiness
Buku ini bukanlah sebuah buku politik. Ini buku mengenai kepemimpinan, kehidupan, dan kebahagiaan. Bahwa penempatkan politik sebagai obyek di buku ini, semata-mata karena politik adalah sebuah gejala kehidupan. Bertapapun alerginya pada politik, kita tidak akan pernah dapat melepaskan diri dari politik.
Menurut buku ini, ketika politik 'diserempetkan' dengan kebahagiaan didapat dua hal, namun pengertian politik yang didapat agak menohok kawan-kawan politikus.
Setidaknya ada dua hal yang tidak membahagiakan bagi politisi, yakni:
Pertama adalah ketika lawan politik mereka mendapatkan kemenangan
Kedua, ketika mereka mendapatkan musibah.
Jadi, rumus kebahagiaan dalam politik adalah:
  • susah kalau melihat lawan politik senang, dan
  • Senang kalau melihat lawan politik susah.

Buku ini ternyata bagian dari ambisi sehat penulisnya, dan tertangkap jelas ambisi itu di kata pengantar. Ambisi sehat itu tertulis lengkap sebagai berikut:

Dengan menulis buku ini, saya berharap akan bisa mempengaruhi paradigma politisi kita, paradigma calon politisi, dan paradigma seluruh masyarakat Indonesia. Ada tiga perubahan paradigma yang ingin saya capai melalui buku ini.

Pertama, mengubah paradigma politik dari memperjuangkan kepentingan diri sendiri dan kelompok menjadi memperjuangkan kemanusiaan.
Kedua, mengubah kesetiaan politisi dari kesetiaan pada kelompok [yang bisa benar, tetapi juga bisa salah] menjadi kesetiaan pada kebenaran
Ketiga, mengubah paradigma politisi yang sangat transaksional [yaitu memberikan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar] menuju paradigma hubungan yang transformasional. Dalam hubungan semacam ini, dasar pemberian kita adalah cinta.

Dalam buku ini juga disuntikkan kata-kata pijak, yang terkait dengan perilaku politik, kurang lebih sekitar 17 kata-kata bijak parkir di buku ini.

Data buku:

JUDUL: Kalau Mau Bahagia, Jangan Jadi Politisi!

PENULIS :Arvan Pradiansyah

PENERBIT: PT Mizan Pustaka. Jl. Cinambo No. 135. [Cisarenten]. Ujungberung, Bandung 40294. E-mail: kronik@mizam.com. http://www.mizan.com/

ISBN: 978-979-433-555-0

CETAKAN: 1-Maret 2009

No comments: