SILA CARI DI SINI!

Google

Thursday, April 23, 2009

KAMPANYE DUNIA AKHIRAT

Guiden Menuju Gedung Dewan
Samsudin Adlawi, wartawan Radar Banyuwangi-anak perusahaan Jawa Pos ini, menuangkan gagasan pikirnya yang kini menjadi sebuah buku dengan judul Kampanye Dunia Akhirat-Guiden Menuju Gedung Dewan.
Sebanyak 19 artikel yang ada di buku ini pernah nongkrong di Surat Kabar Radar Banyuwangi, menurut cerita artikel yang sebelum disajikan di 'godog' dulu di forum diskusi KaDe-Tiga [Kelompok diskusi dalam diri]. Masih dalam cerita, artikel-artikel ini sangat digemari oleh warga kota gandrung ini, mulai dari tukang cukur, hingga direktur, mulai dari penjual terasi hingga pucuk birokrasi.
Sajian dalam buku ini rasanya 'nano-nano' mulai dari memotivasi caleg, agitasi namun juga mengkritisi perilaku sang caleg. Bentuk sajiannya dimodel dialog sehingga khalayak bacanya terasa masuk ke dalam forum studi interaktif. Judul buku diangkat dari judul artikel "Kampanye Dunia Akhirat", sebuah artikel yang mengajak caleg melakukan tindakan kampanye ber dimensi ganda ya duniawi, ya surgawi.
Dalam artikel itu dibentangkan sebuah contoh kampanye yang berdimensi ganda, caleg disarankan untuk memperbaiki langgar, mushola atau masjid. Hanya dengan mengecat tempat ibadah itu, uang tidak sebesar bila memajang baliho ukuran jumbo. Kampanye yang mengedepankan aktivitas menggelar spanduk, benner, atau baliho itu identik kampanye berdimensi duniawi. Namun ketika membersihkan Mushola hanya dengan membeli dua galon cat tembok, sudak memasuki wilayah kampanye berdimensi ganda "dunia dan akhirat".
Bentangan pikir Samsudin ini terbagi dalam tiga bab bahasan, seperti "Caleg Menjual Diri", "Bekal Merengkuh Sukses", dan "Caleg - Idaman".
Selenghkapnya artikel yang dibahasa antara lain:
  1. Andai Poster Bisa Ngomong
  2. Pengemis Suara
  3. Kampanye Dunia Akhirat
  4. Bekal Caleg Merengkuh Sukses
  5. Negarawan Sejati
  6. Menyembelih Kepentingan Pribadi
  7. Menanam Visionary
  8. Politik Tak Kenal Kata Gratis
  9. Guiden Meneropong Caleg
  10. Sedikit Kan Tidak Banyak
  11. Musim Simsalabim
  12. Konsep Pesulap
  13. Mannequin
  14. Golek Wayang Golek
  15. Menjumput Bulan di Dasar Sumur
  16. Jadi kancil di Tahun Kerbau
  17. Pemimpin Gentong
  18. Garansi dari Langit
  19. Ayam Mati di Lumbung Padi

Data Buku

JUDUL: Kampanye Dunia akhirat-Guiden Caleg Menuju Dewan
PENULIS: Samsudin Adlawi
PENERBIT: Jaring Pena [Lini Penerbit JP BOOKS]. Jl. Karah agung 45 Surabaya. Phone: 031-828 999. psw. 156.
ISBN: 978-979-1490-55-9
CETAKAN: Maret 2009

No comments: