SILA CARI DI SINI!

Google

Monday, January 5, 2009

DILEMA ISRAEL-MUSTAFA ABD. RAHMAN

Kendati tahun penerbitan buku ini tergolong sudah basi, yakni tahun 2002, namun jika konsumsi saat ini yang bertepatan dengan serbuan Israel ke Gaza, rasanya akan lebih renyah. Apalagi pemberitaan serangan ke jalur Gaza itu sangat marak, baik intensitas pemberitaan maupun kualitas beritanya. Saat ini mata orang di penjuru dunia menikmati sajian serangan yang memilukan.
Buku ini nampaknya akan menjadi sandingan ringan untuk disantap ketika mata dunia memeloti Israel. Sebuah kisah yang dikemas dengan proses analisa jurnalistik ini, merupakan gambaran sejati kejadian-kejaian, dalam satu dasawarsa. Yakni sebuah fenomena antara krisis politik dan perdamaian. Ternyata Israel harus membayar pengalaman hidupnya dengan sebuah kejadian yang amat dilematik. Sesungguhnya di Israel ini berkembang pola sikap warga negara yang sangat varian. Ada sisi progresif revolusioner yang berseberangan dengan Palestina, namun juga ada sekelompok masyarakat Israel yang moderat. Bukti menunjukkan pengalaman pahit yang menimpa Perdana Menteri Israel yang kala itu di jabat oleh Yitzhak Rabin. Akhirnya harus menghembuskan nafas karena terbunuh oleh kaumnya sendiri.
Sebagai Perdana Menteri Rabin terkenal memiliki pemikiran-pemikiran terobosan, hingga menyentuh pada persoalan yang sangat sensitif. Rabin pernah secara tiba-tiba menyampaikan pidato di Universitas Hebrow sekaligus mengundang heboh. Ia menyatakan, rakyat Yahudi bukan rakyat penjajah dan Israel negara demokrasi. karena itu, kita harus mengembalikan semua tanah penduduk dengan imbalan perdamaian dengan dunia Arab.
Data Buku
JUDUL: Dilema Israel, Antara Krisis Politik dan Perdamaian
PENULIS: Mustafa Abd.Rahman
PENERBIT: Buku Kompas- PT Kompas Media Nusantara. Jl.Palmerah selatan 26-28. Jakarta 10270. E-mail : buku@kompas.com
TEBAL: xxxvi + 196 hlm: 14 cm x 21 cm
ISBN: 979-709-039-6
CETAKAN: Juli 2002
Sekitar 39 artikel dipaparkan dalam buku ini, selanjutnya dikategorikan dalam 5 bab bahasan antara lain:
Bab I: Israel dan Krisis Perdamaian-6 artikel
Bab II: Israel Menuju Ekstrem Kanan- 6 artikel
Bab III: Krisi Politik Israel Buyarkan Perdamaian—13 artikel
Bab IV: Dominasi Kubu Kana di Israel—4 artikel
Bab V ; Hegemoni Israel: --9 artikel

No comments: